Headlines News :
Home » , , » Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo soal Gus Dur

Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo soal Gus Dur

INFO BOS - Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo soal Gus Dur. Jurnalis Investigatif yang sejak lebih dari 20 tahun selalu memberi perhatian pada isu terkait Indonesia, Allan Nairn, menuliskan pengalamannya yang pernah mewawancarai Prabowo Subianto yang kini menjadi capres, isinya menghina fisik almarhum Presiden Keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai "orang buta".


Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo soal Gus Dur
Gus Dur

Dalam blog pribadinya di www.allannairn.org, Allan bercerita dia pernah bertemu dan berbincang dengan Prabowo, sebanyak dua kali di kurun waktu Juni dan Juli 2001. Lokasinya adalah markas perusahaan Prabowo di Indonesia. Prabowo berbicara banyak hal dan topik, termasuk soal fasisme, demokrasi, kebijakan pembunuhan massal oleh tentara, dan hubungan dekatnya yang panjang dengan Pentagon dan Intelijen AS.

Allan mengatakan saat pertemuan itu, Gus Dur masih menjabat sebagai presiden. Dan tiga minggu setelah pertemuan keduanya dengan Prabowo, Gus Dur dilengserkan.

Allan, yang pernah memenangi penghargaan Robert F Kennedy Memorial First Prize for International Radio untuk reportasenya di Timor Timur itu mengaku masih mengingat apa yang disampaikan Prabowo dan secara jelas dituliskannya di blognya itu.

Menurut Prabowo, Indonesia masih belum siap untuk demokrasi karena masih ada kanibal dan kelompok-kelompok pelaku kekerasan. Karena itu, Prabowo menilai Indonesia masih membutuhkan rezim otoriter, namun yang bersifat lunak.

Dan terkait Gus Dur, Prabowo mengkritik TNI yang tunduk padanya, padahal sang presiden buta secara fisik.

"Militer bahkan tunduk pada seorang presiden yang buta! Bayangkan! Lihatlah dia (Gus Dur), dia sangat memalukan," kata Prabowo seperti dikutip dari blog www.allanairn.com, di Jakarta, Selasa (24/6).

Prabowo lalu membandingkan Gus Dur dengan perdana menteri Inggris saat itu, Tony Blair, Presiden AS Bush, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menurutnya adalah para lelaki tampan.

"Dan kami mempunyai seorang laki-laki buta," lanjut Prabowo.

Pada kesempatan itu, Prabowo juga mengaku memuja Presiden Pakistan Pervez Musharraf yang berani menahan perdana menteri negeri itu yang datang dari kalangan sipil. Walau demikian, Prabowo tak menjawab ketika Allan menanyai dia apakah berniat menjadi seperti Pervez Musharraf.

Di blognya, Allan mengaku sudah mengontak Prabowo untuk meminta izin memublikasikan wawancaranya itu. Namun walau belum mendapat persetujuan, Allan tetap memutuskan untuk memublikasikannya. Sebab menurutnya, efek dari melanggar janji terdahulunya untuk menjadikan Prabowo sebagai sumber anonim, sebanding dengan kerugian besar yang mungkin dialami rakyat Indonesia apabila informasi tentang yang bersangkutan tak diketahui publik sebelum memilih di TPS saat pilpres mendatang.

Allan juga mengatakan bahwa dia secara khusus menuliskan soal Gus Dur karena ketokohannya masih diingat banyak masyarakat Indonesia. Selain itu, karena Tim Pemenangan Prabowo-Hatta menggunakan cuplikan rekaman pernyataan Gus Dur untuk berkampanye di Pilpres 2014.


Penulis: Markus Junianto Sihaloho/FMB
Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/192428-jurnalis-as-bongkar-kesaksian-lama-prabowo-soal-gus-dur.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this article :
Terimakasih Anda telah membaca tulisan / artikel di atas tentang :
Judul: Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo soal Gus Dur
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Info Bos
Semoga informasi mengenai Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo soal Gus Dur bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa Komentar Anda sangat dibutuhkan, dan LIKE Halaman Facebook di bawah ini.

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Hot Video Hot Video
 
Support : Blog Tuts | Karir | Ter Intip
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Info Bos Populer - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Becak Siantar